top of page
  • Writer's pictureWowo Watumas

Software Video Editing yang Gratis dan Legal

Kali ini saya ingin membahas mengenai software video editing yang gratis dan legal yang dapat kita pergunakan untuk mengedit video yang kita inginkan.

Beberapa software telah saya coba dan berikut ini merupakan daftar software-software video editing yang gratis dan legal.

1. Hitfilm Express 2017 (Windows dan Mac)

Hitfilm Express 2017 ini merupakan software video editing dan compositing. Jadi seperti gabungan antara Adobe Premier dan After Effect yang menyatu dalam satu software. Ketika dalam mode video editing, kemudian ingin melakukan compositing, kita hanya perlu menambah TAB compositing tanpa harus keluar dari software Hitfilm.

Resolusi maksimum yang bisa ditangani oleh Hitfilm Express 2017 ini adalah 4K UHD. Lumayan tinggi untuk software yang gratis dan legal.

Saat ini, saya lebih sering menggunakan software ini ketimbang software lainnya.

Format file yang didukung oleh Hitfilm Express 2017 adalah:

AVI, M2T, M2TS, MTS, MXF (DVCPro HD), DV, HDV, WMV, MOV dan MP4.

Berikut ini spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan Hitfilm Express 2017:

- Windows PC - 64-bit version of Windows 7, Windows 8 or Windows 10 - Apple Mac - OS X 10.10 Yosemite, OS X 10.11 El Capitan or macOS 10.12 Sierra - Internet connection required for online activation and web services - Intel Core i3, Core i5, Core i7 or AMD equivalent - 4 GB RAM (8 GB or more recommended) - Graphics processor with at least 512 MB video memory. - 2GB or more recommended for 4K UHD. - Earliest graphics cards HitFilm supports: - NVIDIA GeForce 9 Series (2008) - AMD Radeon HD 5000 Series (2009) - Intel HD Graphics 4000 (GT2) (2012)

Download di sini untuk software Hitfilm Express 2017

Contoh video yang diedit menggunakan Hitfilm Express:

2. Shotcut (Linux, Windows dan Mac)

Selain Hitfilm Express 2017, saya juga menggunakan software Shotcut. Kelebihan dari software ini dibandingkan dengan software Hitfilm Express 2017 adalah mampu menangani hampir semua jenis file video karena Shotcut mempunyai codec yang independen yang tidak tergantung pada codec yang terinstal pada sistem operasi.

Fitur efek audionya lebih lengkap dibandingkan dengan Hitfilm Express 2017.

Shotcut juga sudah mampu menangani video dengan resolusi 4K.

Berikut ini merupakan spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software Shotcut:

- Operating system: 64-bit Windows 7 - 10, Apple OS X 10.8 - 10.10, or 64-bit Linux with at least glibc 2.13.

- CPU: x86-64 Intel or AMD; at least one 2 GHz core for SD, 2 cores for HD, and 4 cores for 4K.

- GPU: OpenGL 2.0 that works correctly and is compatible. On Windows, you can also use a card with good, compatible DirectX 9 or 11 drivers. We do not have a list.

- RAM: At least 4 GB for SD, 8 GB for HD, and 16 GB for 4K.

- Hard drive: yes, get one; the bigger, the better.

Download di sini untuk software Shotcut.

Contoh video yang diedit menggunakan software Shotcut:

3. Kdenlive (Linux, Windows dan Mac)

Software ini dibuat awalnya untuk Linux, kemudian dikembangkan untuk Mac dan terakhir tersedia untuk Windows.

Fiturnya cukup lengkap, ada vectorscope, histogram, waveform, RGB parade dan audiometer.

Kdenlive juga sudah mendukung video dengan resolusi 4K.

Seperti software Shotcut, hampir semua jenis file video bisa ditangani oleh software kDenlive ini. Sehingga memudahkan kita dalam import video tanpa harus convert video.

Bagi yang menggunakan Linux, disarankan untuk menggunakan software ini. Untuk versi windowsnya masih berupa versi beta dan untuk versi mac nya sudah ketinggalan jaman.

Download di sini untuk software Kdenlive.

4. Davinci Resolve 14 (Linux, Windows dan Mac)

Awalnya software Davinci Resolve adalah software color grading. Mulai versi 12.5 ditambahkan fitur video editing.

Resolusi maksimum yang bisa ditangani oleh Davinci Resolve adalah resolusi 4K UHD.

Spesifikasi minimum untuk menjalankan Davinci Resolve 14 adalah:

- intel i7

- 32 GB DDR4 3200 SDRAM

- VGA dengan memory 8 GB

- Windows 10 Professional (untuk versi windows)

Download di sini untuk software Davinci Resolve 14.

Contoh video yang diedit menggunakan Davinci Resolve 14:

5. Blender (Linux, Windows dan Mac)

Umumnya Blender dikenal sebagai software untuk membuat gambar 3D, tapi banyak yang tidak tahu ternyata Blender mempunyai fitur video editing.

Blender mendukung banyak video format: MPEG-1 (.mpg, .mpeg), MPEG-2 (.dvd, .vob, .mpg, .mpeg), MPEG-4 DivX (.mp4, .mpg, .mpeg), AVI (.avi), Quicktime (.mov), DV (.dv), H.264 (.avi), Xvid (.avi), Matroska (.mkv) dan Flash (.flv).

Berikut ini merupakan spesifikasi minimum komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software Blender:

Minimum (basic usage) hardware:

- 32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support. - 2 GB RAM - 24 bits 1280×768 display - Mouse or trackpad - OpenGL 2.1 compatible graphics with 512 MB RAM

Download di sini untuk software Blender.

6. IVSEdits LE (Windows)

Software ivsEdits LE sudah bisa menangani video dengan resolusi 4K. File video yang bisa ditangani oleh ivsEdits LE adalah MXF, MOV, MP4, MOV, WMV, AVI, MPG, M2T, dan VOB.

Berikut ini merupakan spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software ivsEdits LE:

- Operating systems: Windows 7, 8, 8.1, 10 (32bit versions are compatible, 64bit versions strongly recommended) - CPU: Quad/Six/Eight/Ten Cores, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Xeon E5 V2/V3/V4. - GPU: ATI/AMD Radeon Fury, RX 480, R9 ,R7 , HD6850-6950-7770-78X0-79X0 or Nvidia GT/GTX /TITAN etc. - System Memory: 4GB or Higher. The faster the better (currently suggested DDR4 @2666MHz CL13 )

Download di sini untuk software ivsEdits LE.

7. VideoPad (Windows dan Mac)

Software Videopad ini juga sudah mampu menangani video dengan resolusi 4K. File video yang bisa ditangani oleh Videopad adalah avi, mpeg, wmv, divX, Xvid, mp4, mov, vob, ogm, H.264, RM.

Videopad tidak menulis secara jelas untuk spesifikasi hardware minimum, hanya menulis sistem operasi yang digunakan adalah Windows 64 bit (Windows 10, XP, Vista, 7, 8 and 8.1) dan Mac OS X 10.5 atau di atasnya.

Download di sini untuk software Videopad.

8. Openshot (Linux, Windows dan Mac)

Tahun 2008, Openshot dibuat sebagai software video editing untuk sistem operasi Linux. Saat ini, tersedia juga untuk sistem operasi Windows dan Mac.

OpenShot bisa menangani berbagai macam format video dan mendukung video dengan resolusi 4K UHD.

Berikut ini merupakan spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software OpenShot:

- 64-bit Operating System (Linux, OS X, Windows 7/8/10) - Multi-core processor with 64-bit support - 4GB of RAM (16GB recommended) - 500 MB of hard-disk space for installation - Optional: Solid-state drive (SSD), if utilizing disk-caching (and an additional 10GB of hard-disk space)

Download di sini untuk software OpenShot.

9. Lightworks (Linux, Windows dan Mac)

Software ini mempunyai fitur lengkap dan enak digunakan sebagai software video editing. Sayangnya untuk versi yang gratisnya hanya mampu render pada resolusi 1280 x 720 pixels dan format MP4.

Berikut ini merupakan spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software Lighworks:

- Intel i7 chipset or faster, fast AMD chipset - 3GB RAM or higher - Two high-resolution displays (1920 x1080) or above - PCI Express graphics card (NVIDIA or ATI) with 1GB or higher and support for DirectX 9 (Windows only) - Separate media and system drives (these can be internal or external as long as the the interface is suitably fast - Compatible sound card - 200MB Disk space for Lightworks installation

Download di sini untuk software Lightworks.

9. Go Pro Studio (Windows dan Mac)

Software Video Editing keluaran dari Go Pro ini sudah mendukung resolusi 4K UHD. Dengan tampilan yang sederhana tapi menarik, bisa membuat video yang sederhana untuk keperluan Youtube dan media sosial lainnya.

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan Go Pro Studio adalah:

- Intel i3

- 4GB RAM

- Memory VGA 512 MB

- 64 bit Windows 10 in desktop mode only or Mac OS 10.10.X or later

- 1280 x 800 resolution display

Go Pro Studio tergabung dalam satu paket Quik™ | Desktop dari Go Pro.

Bisa di download di sini: Quik™ | Desktop.

10. Windows Movie Maker (Windows)

Program keluaran Microsoft ini juga bisa untuk edit-edit video. Hanya bisa untuk satu track video. Tersedia ketika install microsoft windows.


11. Flexclip (Web based)


Berbeda dengan semua software yang telah disebutkan sebelumnya, Flexclip merupakan software video editing yang berbasis web, sehingga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk melakukan editing video, tetapi membutuhkan koneksi internet. Kecepatan internet yang dibutuhkan tergantung besar file video yang ingin diedit. Semakin besar file video yang akan diedit, maka sebaiknya menggunakan koneksi internet yang cepat.



Untuk versi yang gratis, resolusi yang di-export dibatasi hanya 480p (852 x 480 pixels). Tetapi resolusi ini sangat cukup untuk kebutuhan pembuatan video promosi instagram, twitter, dan facebook mobile (akses dari HP).

Kemudian durasi video dibatasi hanya 1 menit, tetapi ini cukup untuk instagram.

Template format video ada bermacam-macam, rasio 16:9 (Youtube, dll), rasio 1:1 (instagram), rasio 9:16 (Facebook mobil dan IGTV), rasio 4:5 dan rasio 21:9 (Widescreen)


Dalam Flexclip ada beberapa template video berdasarkan kategori, ada wedding, birthday, business, sport dll. Jadi kita bisa memilih template tersebut atau memulai edit dari kosong, alias tanpa template.


Tersedia banyak video stok, foto dan musik pada website Flexclip. Kita tinggal memilih video mana yang kira-kira sesuai dengan tema yang akan kita bikin. Kemudian kita tinggal masukkan text dengan berbagai animasinya yang tersedia.


Penggunaannya mudah sekali, tinggal klak-klik, klak-klik pilih media yang ada, atau kita bisa upload hasil dari kamera kita.




Jika membutuhkan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixels), maka bisa berlangganan tipe Business dengan biaya sebesar USD 29,99 perbulan dengan sistem pembayaran perbulan. Yang populer, langganan tipe Plus dengan biaya USD 15,99 perbulan dengan sistem pembayaran perbulan juga.



Jika pembayarannya langganannya setahun sekaligus, maka biaya perbulannya turun. Untuk tipe business, dari USD 29,99 ke USD 19,99 dan untuk tipe Plus, turun dari USD 15,99 menjadi USD 7,99.

Pembayarannya menggunakan kartu kredit dengan visa atau mastercard.


Saya membuat dua akun untuk perbandingan, yang pertama akun yang gratis. Hasil videonya seperti ini:




Akun kedua, adalah tipe Business yang berlangganan selama 1 tahun langsung. Hasilnya seperti ini:



Untuk mencoba Flexclip, dapat kunjungi situs https://www.flexclip.com/



Silahkan dipilih dari berbagai macam software-software tersebut. Sesuaikan dengan spesifikasi hardware yang kita miliki dan sesuaikan dengan kebutuhan untuk kerja kita.

Semoga berguna.

3,336 views

Recent Posts

See All
RECENT POST
bottom of page